Wednesday, June 3, 2015

Project Garuda 2015: SDN Hackathon!

Tahun lalu Jawdat mengumumkan ide untuk membuat router nasional dengan code name: Router Garuda. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya ide ini ditunda. Tahun ini, bertepatan dengan perayaan 70 tahun hari kemerdekaan Indonesia, ide router garuda kita pivot menjadi Project Garuda 2015 dengan inti kegiatan berupa Software Defined Network (SDN) Hackathon!


A hackathon, also known as a hack day, hackfest or codefest, is an event in which computer programmers and others involved in software development and hardware development, including graphic designers, interface designers and project managers, collaborate intensively on software projects (Wikipedia).

Project Garuda 2015 merupakan rangkaian acara selama 3 hari dengan tema "Bring SDN into Reality". Acara akan kita bagi dua:

- SDN Workshop (code: 100SDN) - 18 Agustus 2015, Jakarta
- SDN Hackathon - 19-20 Agustus 2015, Jakarta

SDN Workshop adalah acara workshop di teknologi SDN/NFV dengan target maksimum 100 professional networking yang ingin mempelajari teknologi ini dari konsep arsitektur, use cases di dunia nyata, sampai ke skill teknis yang harus di develop. Akan ada penjelasan dan demo tentang OpenStack, OpenDaylight, Python for Network Engineer, Linux/KVM sampai ke workflow automation dan transformasi skill Network Engineer ke Network Devops.

SDN Hackathon adalah kegiatan untuk men develop solusi SDN ground up mulai dari men setup physical infrastructure, virtual infrastructure, sampai ke automasi dan web user interface. Semua harus diselesaikan dalam waktu 30 jam! Target peserta adalah mahasiswa yang akan kita seleksi dan dibagi ke dalam beberapa group berisi skill set yang berbeda-beda. Peserta Hackathon juga bisa mengikuti SDN Workshop dan skenario yang akan di develop akan dijelaskan di sana.

Peserta SDN workshop akan mendapat fasilitas makan siang, coffee break, sertifikat, kesempatan memenangkan gadget, melihat dan mencoba demo unit dan berdikusi dengan para pembicara.

Group pemenang SDN hackathon akan mendapat hadiah berupa uang tunai dan peserta terbaik akan langsung mendapat kesempatan kerja di Jawdat.

Tunggu pengumuman berikutnya.
Dan silahkan mulai apply cuti buat acara Agustus ini.

No comments:

Post a Comment