Wednesday, January 22, 2014

Belajar CCIE dalam 93 hari di tahun 2014

Komunitas belajar CCIE dalam 93 hari aka CCIE93 didirikan tahun 2012 sebagai terobosan baru dalam belajar dan menjadi CCIE. Menggunakan konsep mentoring dan belajar dengan kecepatan masing-masing anytime, anywhere dengan online learning platform berdasarkan materi berkualitas resmi dari INE, tujuan kita adalah membentuk komunitas, belajar skill bersama dan saling sharing experience dalam belajar. CCIE93 adalah inovasi ekslusif buat orang Indonesia yang sudah populer namanya di dunia karena dipresentasikan setiap kali Cisco Live di CCIE R&S Techtorial (sudah pernah dipresentasikan di San Diego dan Orlando, dan akan dipresentasikan di Milan akhir bulan ini). INE sendiri bahkan pernah kebanjiran email dari orang-orang non-Indonesia yang ingin ikut CCIE93, karena melihat di website kita bilang kita kerja sama dengan INE, sehingga akhirnya oleh Brian Dennis saya disuruh menghilangkan nama INE ketika mengiklankan program ini.



Apakah ini berarti kita mendukung "fast track", berlomba-lomba untuk menjadi CCIE secepat mungkin dalam 93 hari?
Tidak. CCIE dalam 93 hari bisa dicapai jika mau mengikuti instruksi materi dan belajar beberapa jam setiap hari. Bagaimana cara memakan gajah yang besar? Kita potong-potong jadi kecil-kecil kemudian kita kunyah satu-satu. Demikian juga dengan CCIE. Materinya yang banyak kita bagi-bagi menjadi 93 materi. Setiap materi bisa dikerjakan dalam 1 hari kalo kita mau meluangkan waktu. Mulai dari materi introduction, materi teknis spesifik, sampai materi yang saling berhubungan dengan materi lain. Mulai dari nonton video, menjawab pertanyaan quiz sampai mengerjakan latihan lab. Materi INE berbahasa Inggris kita tambah dengan sesi webex setiap minggu untuk membantu pengertian atau sekedar diskusi. Setiap orang bisa belajar dengan kecepatan belajarnya sendiri. Setiap orang bisa mengakses materi kapan saja dan dimana saja.
Tapi tetap butuh kerja keras buat menyelesaikan materi perhari. Butuh latihan dan mengerjakan tugas dari mentor. Butuh mengikuti sesi webex dan menonton video secara intensif. Tidak ada jalan singkat.
Kenapa tidak ikut bootcamp saja? CCIE93 adalah alternatif. Tidak semua orang bisa belajar dengan kecepatan yang sama dengan peserta lain di kelas intensif selama beberapa hari. Tidak semua orang bisa ikut kelas 5 atau 7 atau 10 hari berturut-turut. Bisa jadi karena tidak bisa cuti. Bisa jadi karena tidak berada di lokasi bootcamp. Ada banyak peserta CCIE93 yang merupakan orang Indonesia yang berada di luar negri.
CCIE93 juga menawarkan bootcamp weekend dan bootcamp 7 hari buat mereka yang ingin tetap belajar model intensif seperti itu di Jakarta. Dan kita sedang mengusahakan untuk mengadakan ini di tempat lain.

Kenapa harus beli materi INE? Kenapa tidak pakai materi yang "bajakan" saja? Pertama, karena kita di CCIE93 percaya materi INE masih yang terbaik. Kedua, karena kita ingin membiasakan diri untuk membeli materi resmi, menghargai hasil karya orang, walau dengan harga yang lebih murah. Saya melakukan negosiasi langsung dengan Brian Dennis ketika bertemu dua kali di Cisco Live untuk mendapat harga diskon khusus buat orang Indonesia. Kita mau mengubah persepsi dunia tentang orang Indonesia yang terkenal suka memakai produk bajakan. Saya mau meyakinkan INE buat datang ke Jakarta. Saya mau INE memberikan beasiswa CCIE khusus buat orang Indonesia. Tapi semuanya harus 'give and take'. Kita tidak bisa terus meminta tanpa berkontribusi.
Materi INE resmi walau sudah didiskon, dan Brian sendiri bilang diskon buat orang Indonesia sudah lebih murah bahkan dibandingkan dengan diskon INE ke pegawai Cisco, tapi memang masih terasa mahal buat orang Indonesia. Apalagi harus dibayar dengan US dollar. Oleh karena itu kita sekarang sedang membangun materi sendiri.
Alhamdulillah, di awal tahun 2014 ini Indra Prasetyo salah seorang CCIE Indonesia yang juga memiliki sertifikasi instruktur Cisco resmi CCSI, memutuskan untuk bergabung full time dengan Jawdat untuk memimpin divisi Global Training kita. Salah satu tugas Indra adalah mengembangkan program CCIE93 untuk menjadi lebih baik.
Di tahun 2014 ini belajar dalam waktu 93 hari akan lebih intensif dan menarik dengan terobosan-terobosan berikut:

- komunitas mentoring yang solid menggunakan tool webex, milis, FB group sampai whatsapp
- Indra dan group CCIE akan memastikan semua diskusi, hari lab peserta dan pertanyaan terjawab dalam waktu kurang dari 24 jam
- sesi webex kita adakan sampai 3 kali dalam seminggu. 2 sesi untuk membahas materi 93 hari, 1 sesi untuk diskusi bebas dan membantu jika ada peserta yang tersendat dalam belajar materi atau latihan
- materi yang kita update dengan kurikulum CCIE R&S V5
- akses ke real hardware CCIE lab di kantor Jawdat di Jakarta
- kelas Mini Bootcamp selama weekend dan kelas Bootcamp 7 hari di Jakarta. Kita sedang mengusahakan kelas bootcamp di tempat lain bahkan di luar negri sesuai permintaan peserta
Dan untuk menekan harga kita sedang membuat materi video maupun workbook sendiri. Tujuan kita nanti akan ada paket yang menggunakan materi Jawdat sendiri tanpa INE, sehingga harga bisa lebih murah.
Alternatif paket kita ada tiga:
- CCIE93 dengan INE download, nama peserta akan terdaftar di website INE
- CCIE93 dengan INE streaming tanpa download
- CCIE93 dengan materi Jawdat
CCIE93 bootcamp 7 hari berikutnya akan kita adakan bulan Februari.

Pendaftaran CCIE93 kita adakan setiap hari dan program dimulai setiap tanggal 1. Setiap peserta mendapat kesempatan selama 1 tahun untuk menyelesaikan materi 93 hari. Jika dalam masa itu ada peserta yang ikut ujian CCIE lab dan gagal, maka kita akan memberikan perpanjangan waktu secara gratis.
Di Jawdat, kita mau melihat lebih banyak CCIE, tapi kita percaya tidak harus melakukan "whatever it takes". Kita masih percaya dalam membangun network/koneksi, mengajarkan skill yang sebeneranya, dan berbagi pengalaman. Kita masih percaya CCIE bisa dicapai dengan strategi dalam belajar, kerja keras untuk latihan dan belajar bersama setiap hari.

Mudah-mudahan bermanfaat.
Rgds,
Himawan Nugroho

No comments:

Post a Comment